Contoh Bisnis model kanvas (Penjelasan dan Cara mengisi)

Bisnis Model Kanvas


Bisnis model kanvas adalah sebuah tool untuk meringkas rencana bisnis yang akan kita susun. Dengan menggunakan bisnis model kanvas kita dapat melihat rancangan bisnis kita hanya dalam 1 lembar kertas. Mengapa bisa begitu ? Karena bisnis model kanvas sudah mengandung elemen-elemen untuk menyusun rencana bisnis.

Dalam bisnis model kanvas ada 9 blok kolom. Customer Segmen, Value Propotion, Channel,  Customer Relationship, Key Activities, Key Resources, Key Partners, Cost Structure, dan Revenue Stream.

Penjelasan lengkap mengenai bisnis model kanvas ada di buku Business Model Generation.


Namun apabila anda tidak memiliki buku tersebut, anda bisa belajara dari post ini. Saya akan memberikan penjelasan singkat bagaimana cara mengisi blok-blok yang ada di bisnis model kanvas.

1. Customer Segmen

Pada blok ini, kita sebagai perancang bisnis harus menentukan target pasar dari produk yang kita buat. Siapa yang akan membeli produk kita, apa gendernya, apa pekerjaannya, berapa usianya, dan lain-lain.

2. Value Propotion

Dibagian ini kita menjelaskan apa saja keuntungan dan nilai yang didapat oleh pembeli/kostumer dari produk yang kita jual atau pasarkan.

3. Channels

Channels adalah blok yang menjelaskan bagaimana cara kostumer atau pelanggan kita mengetahui dan bisa mendapatkan produk kita.

4. Customer Relationship

Pada bagian ini kita menjelaskan bagaimana cara kita memiliki hubungan baik dengan pelanggan yang telah menggunakan produk kita. Misalnya bagaimana cara pelanggan tetap kembali lagi membeli produk kita.

5. Key Activities

Key activities adalah bagaimana cara kunci kita dalam mengenalkan dan mengembangkan bisnis kita.

6. Key Resources

Bagaian ini menjelaskan tentang sumber daya kunci dalam menjalankan bisnis kita.

7. Key partners

Key partners adalah siapa partner kunci kita untuk menjalankan bisnis kita. Misalnya freelance desainer pada bisnis fashion

8. Cost structure

Cost structure adalah dana yang dikeluarkan selama menjalankan bisnis. Misalnya sewa bangunan, gaji pegawai, dan lainnya.

9.  Revenue

Menjelaskan darimana sumber pemasukan kita berasal.

Itulah penjelasan singkat mengenai blok-blok dari bisnis model kanvas. Perhatikan maksud tiap blok dalam mengisi bloknya.

Contoh Bisnis Model Kanvas

Berikut adalah contoh bisnis model kanvas untuk sepatu



Klik tulisan dibawah ini untuk mendapatkan templatenya.

Download Template Bisnis Model Kanvas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Daftar Isi Makalah yang Baik dan Benar

Download Presentasi Biologi Kelas 11 Semester 1 Sistem Gerak pada Manusia PPT

Download Presentasi Biologi Kelas 12 Materi Metabolisme PPT