Tips Membuat Surat Lamaran Kejra yang Baik dan Benar

Tips Membuat Surat Lamaran


Hampir semua orang yang akan melamar pada suatu perusahaan untuk bekerja harus membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu. Oleh karena itu, membuat surat lamaran yang baik dan benar adalah suatu hal yang sangat penting. Karena apabila surat lamaran yang kita buat tidak jelas atau tidak dapat dimengerti.

Bagi anda yang akan melamar suatu perusahaan, disini ada tips-tips yang bisa dilakukan agar memperbesar peluang anda untuk diterima kerja di suatu perusahaan.

1. Isi lamaran jelas

Saat mengisi surat lamaran, usahakan mengisinya dengan jelas. Tidak perlu terlalu bertele-tele. Karena sang pembaca surat lamaran, tidak hanya membaca surat yang anda kirimkan. Mungkin ada puluhan atau ratusan surat yang harus dibaca. Jadi diusahakan to the point dan jelas.

2. Jangan berbohong

Jangan karena ingin terlihat bagus, kita melebih-lebihkan kemampuan atau pengalaman yang kita miliki. Tulislah surat apa adanya sesuai dengan apa yang kita miliki. Apabila kita berhasil diterima oleh suatu perusahaan dengan data yang fiktif, hal tersebut akan menjadi bumerang bagi kita sendiri.

3. Lampiran

Jangan lupa siapkan semua lampiran yang dibutuhkan. Seperti sertifikat, ijazah, ktp dan lain-lain. Jangan sampai ketika kita akan mengirimkan surat lamaran, ternyata ada lampiran yang tertinggal.

4. Gunakan komputer

Diusahakan dalam membuat surat lamaran gunakan komputer. Karena dengan menggunakan komputer surat lamaran kita akan menjadi lebih rapi dibandingkan dengan tulis tangan.

5. Tata tulis

Dalam membuat surat lamaran, kita harus memerhatikan cara penulisan. Gunakan bahasa yang sopan dan EYD yang baik dan benar. Karena sang pembaca surat lamaran bisa menilai kamu tidak cocok kerja di perusahaan apabila bahasa penulisanmu tidak sopan dan tidak sesuai dengan tata cara penulisaan.

Jadi 5 poin tersebut adalah tips-tips yang bisa dilakukan agar surat lamaran anda bisa dibuat dengan baik. Jangan lupakan juga detail-detail kecil dalam penulisan surat lamaran.

Dibawah ini ada contoh surat lamaran yang bisa digunakan sebagai contoh atau referensi  dalam membuat surat lamaran. Semoga tips dan contoh surat lamaran ini bermanfaat.
Klik tulisan download untuk mendapatkan filenya.

Contoh Surat Lamaran
Klik --> Download

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Daftar Isi Makalah yang Baik dan Benar

Download Presentasi Biologi Kelas 11 Semester 1 Sistem Gerak pada Manusia PPT

Download Presentasi Biologi Kelas 12 Materi Metabolisme PPT